Lifestyle

Tips mengatur keuangan pribadi sehari-hari

Bagi kamu yang biasa mendapatkan uang jajan bulanan atau gajih bulanan, pasti setiap akhir bulan sering meraskan kewalahan, bahkan di pertengahan bulan pun uang anda sudah sangat menipis. Terkadang kita sering bertanya dalam diri sendir, “Pertengahan bulan uang ko sudah menipis sih, perasaan ga beli banyak barang-barang?”. Supaya di pertengahan bulan atau sampai akhir bulan uang kamu masih ada, kamu sebisa mungkin harus memanajemen keuangan kamu. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika akan memanajemen keuangan, yaitu:

Tips mengatur keuangan sehari-hari
1. Membayar seluruh cicilan
Apabila anada memiliki cicilan yang harus dibayar setiap bulan. Terlebih dahulu anda harus membayar cicilan tersebut. Cicilan tersebut misalnya cicilan motor, mobil, listrik, telepon dan lain-lain.

2. Menyishkan 10% untuk menabung
Setelah semua cicilan telah dibayar, yang harus anda lakukan berikutnya yaitu sisihkanlah 10% untuk menabung. Sepuluh persen adalah jumlah yang sedikit, sehingga anda tidak merasa keberatan untuk menabung. Uang tabungan ini, khusus untuk kebutuhan masa depan anda. Sehingga jangan sampai uang tersebut terpakai untuk hal-hal yang kurang penting.

3. Menyusun kebutuhan perhari
Susunlah kebutuhan yang anda perlukan dalam satu bulan. Menyusun kebutuhan sebelum belanja akan mempermudah anda ketika akan belanja, sehingga ketika belanja anda tidak kebingungan apa saja yang harus dibeli dan kebutuhan yang ada perlukan pun tidak akan ada yang terlupakan.
Anda pun boleh memasukakan anggaran untuk ke salon atau membeli baju, yang penting ketika anda berbelanja, jangan sampai keluar dari yang telah dianggarkan. Jangan sampai tergoda dengan harga-harga yang murah atau discount gede-gedean.

4. Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan
Anda harus mengerti mengenai kebutuhunan dan keinginan itu, sangatlah berbeda. Kebutuhan merupakan suatu yang dibutuhkan anda dalam satu bulan, yang wajib untuk dipenuhi. Sedangkan keingina adalah adalah suatu keinginan atau hasrat anda untuk membeli suatu yang anda inginan.
Apabila anda memniliki suatu keinginan, alangkah bakinya anda menabung terlebih dahulu untuk membeli keinginan tersebut. Sebab apabila anda memaksakan untuk membeli, bisa-bisa uang bulanan anda tidak akan cukup untuk satu bulan.

5. Tetapkan tujuan atau cita-cita finansial
Setiap orang pasti memilikik cita-cita atau keinginan. Supaya cita-cita finansial yang anda inginkan dapat tercapai, terlebih dahulu anda harus menetapkannya. Tujuan tersebut dapat membantu anda lebih fokus mengatur atau manajemen keuangan anda.

6. Lupakan kartu kredit
jangan diingat-ingat kalau anda memiliki kartu kredit. Gunakanlah kartu kredit sebijak mungkin, sebab apabila anda tidak menggunakan kartu kridit dengan sebijak mungkin, bisa-bisa tagihan kartu kredit anda semakin bertambah. Guankanlah karutu kredit apabila dirasa memang untuk keperluan yang sangat mendesak.

7. Balajar berinvestasi
Apabiala sumua langkah-langkah diatas telah anda lakukan dan ternyata masih ada uang lebih. Alangkah baiknya baiknya anda belajar untuk berinvestasi . namun sebelum anda berinvestasi, sebaiknya anda mempertimbangkan investasi apa yang cocok dengan anda dan keungan yang anda miliki. Apabila investasi yang anda pilih itu tetap, maka akan dapat menambah penghasila atau tabungan anda untuk bekal dikemudian hari.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat anda lakukan dalam memanajemen keuangan anda supaya keuangan bulanan anda dapat cukup sampai akhir bulan, bahkan anda dapat menabung dan berinvestasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Semoga berhasil!