Tips Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat

Aktivitas yang padat mengakibatkan kita sering memakan makanan yang cepat saji, seperti: bakso, mie instan, burger, gorengan dan lain sebagainya. Makanan tersebut adalah makan yang dapat menjadikan berat badan semakain bertambah. Selain makanan tersebut aktifitas yang padat mengakibatkan kita sering lupa dan malas melakukan olahraga. Apabila hal tersebut dibiarkan, akan mengakibatkan berat badan semakin bertambah. Berat badan yang semakin bertambah akan berdampak ke segala hal, seperti rasa percaya diri semakin berkurang karena bentuk badan yang tidak ideal, sulit memilih baju yang cocok di tubuh, selain itu hal yang tak kalah pentingnya apabila berat badan kita semakin bertambah yaitu akan berdampak pada kesehatan, sehingga penyakit akan lebih mudah menyerang tubuh.

Sebagian orang biasanya ingin segala sesuatunya serba cepat dan instan. Oleh karena itu sebagian orang ketika ingin menurunkan berat badan, biasanya mereka memakan obat-obatan yang mengakibatkan buang air besar yang terus menerus dengan rasa sakit perut yang sangat melilit. Menurunkan berat badan dengan cara yang instan tersebut sangat berbahaya karena belum tentu obat-obatan itu cocok bagi tubuh. Dengan demikian, sekarang kita akan membahas mengenai cara menurunkan badan yang sehat.

1. Olahraga
Hal pertama yang harus dilakukan apabila kamu ingin menurunkan berat badan adalah olahraga, karena dengan olehraga lemak-lemak yang ada didalam tubuh akan terbakar melalui keringat yang keluar dari dalam tubuh. Lakukanlah olahraga 40 menit dalam 5 hari. Lari dan sit up adalah salah satu olahraga yang dapat dilakukan dirumah secara rutin. Apabila kita rutin berolahraga selain berat badan menjadi lebih ideal, tubuh kita pun semakin sehat dan bugar.

2. Hindari minuman bersoda
Walaupun minuman bersoda itu enak dan dapat menyegarkan badan ketika udara sedang panas, namun minuman bersoda ini mengandung pemanis yang di setiap kalengnya mengandung 250 kalori. Kalori yang terdapat di dalam minuman bersoda akan mengakibatkan berat badan semakin bertambah. Sehingga apabila kamu ingin menurunkan berat badan, maka hindarilah minuman yang bersoda.

3. Hindari makan cepat saji (junk food)
Aktifitas yang padat dan banyaknya tempat makan yang menyediakan makan cepat saji mengakibatkan kita sering membeli makanan cepat saji. Makan cepat saji ini sebenarnya kurang baik bagi tubuh karena makanan cepat saji lebih banyak mengandung lemak. Sehingga apabila ingin menurunkan berat badan, alangkah baiknya kamu membawa bekal makanan yang mendukung kamu untuk menurunkan berat badan seperti sayuran dan buah-buahan.

4. Makan dalam porsi kecil namun sering
Makan dalam porsi kecil namun sering adalah salah satu cara untuk mengurangi berat badan, karena makan dalam porsi kecil namun sering akan mengurangi rasa lapar. Namun yang perlu diingat menu makan yang kita makan jangan mengandung lemak, pilihlah makanan seperti sayuran, selain itu jangan makan makanan ringan seperti camilan kripik karena makanan tersebut malah akan menambah berat badan.

5. Mengganti nasi putih menjadi nasi merah
Biasanya kita makan dengan nasi putih, namun apabila kita sedang melakukan program diet, alangkah baiknya makanlah dengan menggunakan nasi merah karena nasi merah lebih banyak mengandung serat dibanding nasi putih selain itu karbohidrat yang terdapat dalam nasi merah lebih lama dicerna sehingga perut akan terasa tidak mudah lapar. Selain nasi merah, makanan lain yang mengandung lebih banyak serat dan dapat menggantikan nasi putih adalah roti gandum, kentang rebus dan kacang-kacangan.

6. Hindari makanan yang digoreng
Makan yang digoreng harus dihindari ketika ingin menurunkan berat badan, karena makanan yang digoreng sudah jelas menyerap minyak yang sangat banyak. Apabila minyak yang terdapat dalam makanan masuk ke dalam tubuh akan mengakibatkan lemak di dalam tubuh semakin bertambah. Jadi ketika kita ingin menurunkan berat gantilah makanan yang digoreng menjadi makan yang dikukus, direbus atau dipanggang, seperti pepes tahu, jagung rebus, kentang atau ubi rebus dan lain sebagainya.

7. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran
Sayuran dan buah-buahan memiliki banyak serat sehingga sanggat baik dikonsumsi apabila kamu ingin melakukan program menurunkan berat badan. Dengan demikian buah-buahan dan sayuran sangat ampuh untuk menurunkan merat badan, namun itu juga harus dibarengi dengan menjaga pola makan. Apabila kamu kurang suka mengkonsumsi sayuran, kamu bisa mencampurkan sayuran ke dalam jus buah-buahan, maka rasa sayuran tidak akan terasa lagi. Selain itu alangkah baiknya kamu cari resep makanan atau minuman dari olahan buah dan sayur, supaya memakan buah dan sayur menjadi lebih menyenangkan.

8. Perbanyak minum air putih
Air putih memang sangat baik bagi kesehatan, minumlah 8 gelas perhari. Dengan banyak mengonsumsi air putih, maka racun dan lemak yang ada di dalam tubuh akan ikut terbuang ketika kita buang air kecil.

9. Jangan makan malam
Ketika kamu ingin menurunkan berat badan, usahakan jangan makan malam karena apabila makan malam maka makanan yang telah dimakan tidak dapat terolah menjadi energi, malah makan yang dimakan berubah menjadi lemak karena ketika malam hari kita tidak melakukan aktifitas sehingga karbohidrat yang ada di tubuh tidak terpakai. Ganti makanan yang biasa kita makan di malam hari dengan buah-buahan, karena buah-buahan banyak mengandung serat sehingga melancarkan pencernaan, dengan demikian berat badan kita akan berkurang.

Demikian lah tips untuk menurunkan berat badan. Hal terpenting ketika kita ingin menurunkan berat badan adalah olahraga, menjaga asupan makan yang masuk kedalam tubuh dan yang terakhir yaitu jangan makan malam. Ingat segala sesuatu perlu proses, jadi lakukan hal-hal tersebut untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

sumber referensi:
forum.kompas
sahabatsehat