Lifestyle

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Halo semuanya setelah hari kemarin saya menulis sebuah artikel tentang makanan yang dapat menyehatkan mata, kali ini saya ingin membahas sebuah permaslahan cara mengatasi wajah berminyak. Indonesia memiliki udara tropis, hal tersebut sangat berpengaruh juga terhadap wajah karena akan mengakibatkan wajah kita berminyak yang diakibatkan udara yang sangat panas. Wajah berminyak terkadang sangat mengganggu tingkat percaya diri karena apabila wajah berminyak, wajah sudah tidak terlihat segar lagi malahan wajah terlihat lebih kusam. Selain masalah kulit menjadi terlihat kusam, masalah lain yang diakibatkan wajah berminyak yaitu komedo dan jerawat. Apabila komedo dan jerawat sudah ada diwajah, wah gawat tuh! penampilanmu juga akan tergangggu kan.?

Sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi wajah berbinyak, lebih baik kita terlebih dahulu ketahui penyebab wajah berminyak. Kalian tahu tidak peyebab wajah berminyak?. Penyebab wajah berminyak diantaranya yaitu:
1. Iklim tropis
Sudah dibahas sekilas diatas, penyebab wajah berminyak itu diakibatkan karena iklim tropis. Indonesia memiliki iklim tropis sehingga, udara yang panas membuat kelenjar minyak di kulit lebih sering memproduksi.
2. Kosmetik yang dipakai
Apabila wajah kamu berminyak, bisa jadi kamu salah pilih kosmetik yang dipakai. Apabila kamu salah pilih memakai kosmetik akan memperburuk kondisi wajah kamu, sehingga pilihlah kosmetik yang cocok untuk menangani wajah berminyak.
3. Makanan
Makanan yang kita konsumsi, berpengaruh juga terhadap kadar minyak yang diprodiksi oleh wajah. Makanan yang dapat menimbulkan minyak berlebih pada wajah adalah makanan yang pedas, makanan manis, gorengan dan makan yang berlemak lainnya.


Setelah kamu mengetahui penyebab wajah berminyak, sekarang kita akan membahas cara mengatasi wajah berminyak. Hal-hal yang harus diperhatika ketika kita memiliki masalah dengan wajah berminyak yaitu:
1. Menggunakan pembersih non-alkohol
Menggunakan pembersih yang mengandung alkohol, wajah memang terasa bersih, sejuk dan kesat. Namun ketika minyak alami yang diproduksi oleh kulit habis, dengan begitu kulit malah akan semakin banyak memproduksi minyak. Sehingga hindarilah pembersih yang mengandung alkohol karena akan menambah banyak minyak yang ada di wajah.
2. Jangan terlalu sering membersihkan wajah
Jangan terlalu sering membersihkan wajah ini, sama halanya jangan menggunakan pembersih yang mengandung alkohol karena ketika minyak alami yang ada di wajah hilang dan wajah kita menjadi kesat atau kering. Sebab ketika wajah kita kering secara otomatis wajah akan memproduksi minyak untuk melembabkan wajah. Sehingga bersihkan wajah hanya seperlunya saja tidak perlu terlalu sering, sesuaikan dengan kebutuhan atau aktifitas yang kamu lakukan.
3. Gunakan produk kosmetik yang berbahan air
Gunakanlah produk berbahan air karena produk kosmetik yang berbahan air tidak terlalu berat untuk wajah, sehingga wajah tidak terlalu banyak untuk mengeluarkan minyak. Sebab kebanyakan produk pelembab banyak mengandung minyak karena untuk melembabkan kulit wajah, namun apabila kulit wajah kamu sudah berminyak tidak perlu lagi menggunakan pelembab wajah yang mengandung minyak karena akan mengakibatkan kulit wajah akan semakin berminyak.
4. Mengonsumsi makanan sehat
Sudah dijelaskan tadi, penyebab timbulnya minyak diwajah yaitu dari asupan makanan, dengan demikian apabila wajah kamu ingin terhindar dari minyak berlebih yang muncul diwajah, maka harus mengonsumsi makanan yang sehat dan tidak memakan makana yang digoreng, makanan yang manis, pedas dan makan yang berlemak lainnya karena apabila kamu memakan makanan yang berminyak atau berlemak maka produksi minyak yang ada didalam tubuh semakin banyak. Makanlah makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan karena makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan akan dapat mengontro produksi minyak yang ada di wajah.

Namun sebenarnya minyak yang ada di wajah tidak sepenuhnya merugikan untuk kita loh, minyak yang ada diwajah kita juga memiliki beberapa manfaat. Beberapa manfaat memiliki wajah berminyak diantaranya yaitu: dapat memperlambat penuaan dini, minim resiko kerusakan kulit dan kulit menjadi kebih tangguh ketika berada di bawah sinar matahari. Yang terpenting adalah bagaimana kita dapat merawat kulit wajah dengan penanganan atau perawatan yang tepat sehingga minyak yang ada di wajah dapat menjadi hal yang menguntungkan.
[read more..]

Hal umum yang paling banyak ditakuti manusia

Hal umum, ketakutan-ketakutan yang banyak dihadapi orang didunia, berkisar pada perihal yang menyangkut kehidupan sehari-hari, dimulai dari jalinan, keluarga, sampai keuangan. layaknya dirangkum dari phobia-fear-release. com, about. com, livestrong. com tersebut disini perihal yang sangat banyak ditakuti orang.

Beberapa hal ini yang umum biasanya ditakuti oleh manusia secara kejiwaan atau mungkin dari hal-hal yang memang membahayakan nyawa mereka, berikut selengkapnya :
  1. Takut Mati : Takut mati adalah ketakutan yang paling utama yang dialami manusia. Hampir semua orang tidak siap akan mati meskipun tahu kematian itu cepat atau lambat pasti datang. Banyak orang takut dan khawatir tentang apa yang mungkin terjadi setelah kematian.  Untuk mengatasi rasa takut ini, penting untuk memahami bahwa hidup adalah siklus yang terdiri dari kelahiran dan kematian, keduanya merupakan dua sisi mata uang yang sama. Ketakutan yang berlebihan terhadap kematian disebut Thanatofobia. 
  2. Takut Gagal :  Ketika mencoba sesuatu, selalu ada dua kemungkinan, yaitu berhasil atau gagal. Atychiphobia adalah ketakutan yang tak rasional terhadap kegagalan yang pada akhirnya membuat seseorang tidak mau berbuat sesuatu karena takut menemui kegagalan. Jika fobia tetap tidak diobati, gejalanya akan terus memburuk dari waktu ke waktu. Hilangnya motivasi dan penurunan rasa percaya diri akan segera mengikuti yang dapat menyebabkan gejala yang lebih parah seperti depresi. 
  3. Takut Ditolak :  Setiap orang ingin kehadirannya diterima, baik oleh lingkungan maupun orang yang disayangi. Beberapa orang bahkan ada yang begitu tergantung pada pengakuan, persetujuan atau penilaian orang lain terhadap dirinya sendiri. Orang-orang ini begitu didorong oleh kebutuhan untuk diterima sehingga kehilangan identitasnya sendiri. Beberapa orang kemudian menarik diri karena takut ditolak. Mereka ini akhirnya menjauhkan diri dari teman-teman, keluarga dan pengasuh yang merawatnya.
  4. Takut Kegelapan :  Setiap orang ingin kehadirannya diterima, baik oleh lingkungan maupun orang yang disayangi. Beberapa orang bahkan ada yang begitu tergantung pada pengakuan, persetujuan atau penilaian orang lain terhadap dirinya sendiri. Orang-orang ini begitu didorong oleh kebutuhan untuk diterima sehingga kehilangan identitasnya sendiri. Beberapa orang kemudian menarik diri karena takut ditolak. Mereka ini akhirnya menjauhkan diri dari teman-teman, keluarga dan pengasuh yang merawatnya.
  5. Takut ketinggian :  Membayangkan diri sendiri berada di ketinggian sering membuat panik dan takut. Gejalanya antara lain keringat dingin, gemetar dan mual. Ketakutan yang berlebihan terhadap ketinggian disebut Hypsiphobia
  6. Takut kehilangan orang yang disayangi :  Kebersamaan bersama orang yang disayangi adalah saat-saat yang paling membahagiakan dalam hidup. Ketika tiba saatnya harus mengakhiri kebersamaan tersebut, baik karena perpisahan, perceraian ataupun kematian, banyak orang yang kemudian jatuh sedih hingga depresi. Luangkan banyak waktu bersama keluarga dan teman-teman yang dicintai. Ketika tiba saatnya harus kehilangan mereka, maka kenangan yang indah akan tetap membuat orang yang ditinggalkan merasa bersemangat menjalani hidup.
  7. Takut Miskin :  Jika pernah miskin atau tumbuh di lingkungan yang miskin, orang umumnya memiliki ketakutan yang sangat kuat terhadap kemiskinan. Cara terbaik untuk memerangi kemiskinan adalah dengan mendidik diri sendiri dan mempelajari bagaimana cara mendapatkan uang. Uang memainkan peran sentral dalam kehidupan kita dan layak menjadi perhatian. Namun ada kalanya orang begitu takut jatuh miskin dan kehilangan kekayaan. Ketakutan berlebihan ini disebut Peniaphobia.
Sumber
    [read more..]

    Tips cara mudah cepat langsing atau menurunkan berat badan

    Langsing ? itulah yang diinginkan kebanyakan wanita, mengapa demikian? dari sekian wanita merasa percaya diri jika berat badannya ideal, selain itu badan yang langsing menggampangkan mereka untuk memilih  pakaian sesuai yang diinginkan tanpa takut merasa kesempitan. Banyak menu diet yang bisa dicoba untuk menggantikan makanan yang sekiranya berlemak. Walaupun diet namun bukan berarti harus berhenti makan bukan? cukup mengurangi porsi makan, dibarengi tips panduan yang baik.

    Walaupun diet dirasa cara terbaik untuk menurunkan berat badan, tetapi penting untuk diingat bahwa diet yang cuma mementingkan kecepatan bisa bikin rusaknya lambung. Hal ini dapat disebabkan kurangnya konsumsi makanan dalam tubuh, pola makan yang tidak teratur, obat-obatan kimia penurun berat badan, serta lain sebagainya bisa memberikan dampak negatif untuk tubuh anda. Karenanya dianjurkan untuk tidak asal-asalan dalam berdiet. Berikut ini tips diet dan hidup sehat dari berita detik yang bisa saya hadirkan :

    1. Tingkatkan Waktu Olahraga
    Bila anda mempunyai jadwal olahraga yang teratur, saatnya memberikan porsi serta waktu berolahraga. Untuk anda yang tidak mempunyai jadwal teratur, cepatlah datang ke gym. coba menggunakan elliptical trainer sepanjang 40 menit dalam 5 hari, ini dapat menolong anda kurangi berat badan, dan badan dapat merasa lebih bugar.

    2. Hindari Minuman Bersoda
    didalam sebotol kecil minuman bersoda ada 250 kalori yang seluruhnya datang dari gula. disamping itu, didalam minuman soda tidak ada vitamin yang bisa membuat tubuh anda lebih baik. Wwanita yang terus-terusan minum minuman bersoda dapat semakin besar kemungkinannya terkena obesitas, diabetes atau osteoporosis.

    3. Lupakan Junk Food
    Makanan cepat saji sarat akan kalori yang kebanyakan berasal dari lemak. Bahkan, satu porsi makanan cepat saji terutama yang jenis junk food mengandung seluruh jumlah kalori yang kita butuhkan dalam satu hari. Jangan konsumsi makanan cepat saji dan berat badan Anda akan berkurang dalam seminggu.

    4. Kurangi Porsi Makan
    Tentu sangat sulit bagi Anda untuk mengurangi porsi makan. Oleh karenanya, Anda bisa langsung menyisihkan setengah porsi makanan dari piring. Tetaplah berpegang pada porsi makan yang lebih kecil.

    5. Makanlah Lebih Sering
    Makan lima kali sehari dalam porsi kecil akan membantu metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Dengan makan lebih sering dalam porsi kecil akan membuat Anda tidak merasa lapar sehingga mencegah rasa lapar dan hasrat makan yang berlebihan.

    6. Perbanyak Buah dan Sayur
    Jika Anda serius ingin menurunkan sedikit berat badan dalam seminggu, salah satu cara yang yang dapat dilakukan selain menambah kuantitas makan adalah memperbanyak buah dan sayur . Anda bisa mengganti keripik kentang atau cokelat dengan buah. Dengan begitu tidak hanya berat badan Anda yang turun tetapi tubuh juga mendapatkan nutrisi sehat.

    7. Minumlah Sebelum Makan
    Apakah Anda tahu minum air putih 5-10 menit sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar? Minumlah air sebelum makan dan Anda akan dapat mengurangi porsi makan. Dengan memperbanyak minum air putih dapat juga membantu tingkatkan metabolisme tubuh.

    8. Cari Aplikasi yang Membantu Program Diet
    Sekarang ini banyak aplikasi yang bisa didownload secara gratis maupun berbayar, untuk memudahkan Anda menjalani program diet sehat dimanapun dan kapanpun. Tujuh di antaranya, bisa Anda simak di sini.

    9. Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah
    Solusi jika ingin langsing dalam waktu cepat adalah mengganti karbohidrat putih dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini memerlukan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Ditambah lagi karena sulit dicerna, tubuh jadi menggunakan banyak energi yang berguna mengurangi kalori. Nasi merah, kentang (rebus), kacang-kacangan dan roti gandum termasuk dalam kelompok karbohidrat kompleks yang kaya serat.

    10. Hindari Makanan yang Digoreng
    Makanan yang digoreng begitu beresiko terdapat lemak trans yang dapat menambah kolesterol serta mengakibatkan penimbunan lemak terlalu berlebih didalam tubuh. Oleh dikarenakan itu baiknya anda diharuskan mengkonsumsi makanan yang diolah dengan langkah direbus, panggang, pepes, kukus atau sup.

    Bagaimana? apakah bisa anda coba? semoga tulisan ini bisa menjadi bacaan yang bermanfaat.
    [read more..]

    Tips memilih kado dan hadiah untuk pasangan kita

    Kalau untuk yang belum tahu apa saja yang disukai pasangan kekasihmu atau pacarmu, hal seperti memberikan hadiah yang tepat akan membingungkan mu, karena bisa saja apa yang diberikan tidak dia sukai. Di antara langkah untuk memberikan begitu besar cinta anda pada pacar yaitu membelikan kado pada hari ulang tahunnya. dikarenakan momen ini cuma 1 tahun sekali, belikanlah hadiah yang benar benar istimewa. Saat ini anda sedang membaca Tips dan panduan menentukan hadiah untuk pacar tercinta dikarenakan besok atau hari ini pacar anda tengah ulang tahun, benar demikian ? serta anda kehabisan ide untuk menentukan hadiah yang cocok untuk sang kekasih.
    Menentukan hadiah untuk pacar atau suami bisa dikerjakan dengan mulai memikirkan perihal kepribadian mereka hingga kedepannya hadiah/kado tersebut dapat amat berkesan serta pas. Sesuatu hadiah tidak mesti membutuhkan pengeluaran cost yang besar, belanja hadiah yg murah atau apalagi hadiah buatan tangan sendiri mungkin saja lebih berbentuk emosional yang tunjukkan ketulusan hati si pemberi hadiah pada orang lain terhitung hadiah untuk pacar/suami.

    1. Pengetahuan tentang apa yang pacar kamu suka / lagi pengen
    Ini sungguhlah penting, dikarenakan bila anda sampai tidak tahu, kemungkinan anda dapat membelikan suatu hal yang dia tidak senang serta selanjutnya lantas tidak berarti. anda tidak akan kan cocok terima kado dari anda, pacar anda hanya tersenyum terpaksa terus besok-besoknya anda telah tidak dulu simak lagi barang yang anda kasih itu. ada langkah'>cara-cara yang dapat anda kerjakan untuk melacak tahu apa yang pacar anda senang / lagi ingin :
    1. Nanya-nanya colongan ("Eh iya, ngomong-ngomong soal Ramen, baju yang kamu suka kayak apa sih?".
    2. Ajakin jalan-jalan, liat apa yang kayaknya bikin dia tertarik
    3. Tanya ke temen deketnya/sodara/orang tua/mantan pacar
    4. Kamu kan pacarnya? Moso gak tau dia suka apa? Pacar beneran bukan sih?

    2. Uang
    Uang juga merupakan hal yang sangat krusial dalam membelikan kado untuk pacar. Mungkin ada pembaca yang langsung berteriak, "Ah, kado gak harus beli kok! Kan bisa bikin! Itu lebih bermakna!". OK deh yang jago "bikin kado". Sayangnya judul artikelnya 'Tips MEMBELI Kado Untuk Pacar' tuh. Sana bikin prakarya dulu. Nah, ada beberapa cara untuk mendapatkan uang:
    1. Kerja keras dan menabung
    2. Minta duit sama mama
    3. Ngutang
    4. Merampok
    5. Korupsi

    Itu semua tergantung preferensi kamu aja sih.

    Memilih Kado Untuk Pacar

    Lalu apakah jika kamu sudah tahu apa yang pacar kamu mau dan kamu punya duit lalu kamu harus langsung membelikan hal tersebut? Tentu tidak! Tidak semudah dan sesimpel itu dong. Katakanlah pacar kamu pengen tas Hermes seharga Rp. 100,000,000. Kamu punya duit segitu. Tapi kamu berpikir, "Yang bener aja lo, moso harga tas sama harga mobil sama sih?" Itu artinya kamu ga sreg dan sebenernya gak rela-rela amat. Nah, kalo udah begini, sebaiknya kamu jangan membelikan hal tersebut.
    Seorang bijak pernah berkata, "Jangan beliin apa yang pacar kamu mau, tapi kamu gak sreg". Itu adalah kata-kata bijak yang harus kamu camkan ketika mau beli sesuatu untuk pacar kamu.
    Satu hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan ketika mau memilih kado untuk pacar adalah pilih sesuatu yang dia mau, tapi dia gak bisa/gak mau beli sendiri. Contohnya gini:
    Kamu bingung mau beliin pacar kamu celana dalem atau flashdisk. Dua-duanya dia mau nih. Nah, kalo celana dalem dia pasti bisa beli sendiri dan pada akhirnya terpaksa beli, sementara kalo flashdisk kan nggak. Nah, dalam kasus ini, kamu harus beliin dia flashdisk.
    Kurang lebih seperti itu

    Hal yang Harus Dihindari
    Ada beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari kalo lagi beli kado buat pacar kamu:
    1. Jangan membelikan barang yang sebenenernya kamu yang mau. Misalkan pacar kamu orangnya gak suka gadget, tapi karena kamu suka banget gadget trus lagi pengen beli GPS, terus kamu beliin pacar kamu GPS supaya ntar bisa kamu 'pinjem'. Itu menyedihkan dan gak ada gunanya beliin kado.
    2. Jangan ngomongin soal harga barangnya sama pacar kamu. ("Bagus kan? Ini mahal banget tau gak!!!) Soalnya ini membuat kamu kesannya jadi gak rela gitu ngasih kadonya.
    3. Jangan beliin sesuatu yang menyinggung perasaan. Misalnya kamu beliin pacar kamu brangus. Ntar dia bisa tersinggung lho ("Kenapa sih? Emang aku cerewet banget ya?!")

    Kalo Aku Gak Punya Duit Gimana Dong…
    Jika anda tidak punya uang ya telah sih, beli saja apa yang anda dapat. mudah-mudahan pacar anda menghormati pemberian anda. jika dia sampai tidak menghormati, barangkali pacar anda brengsek serta barangkali ini waktunya anda mencari pacar baru. atau barangkali anda dapat cobalah belajar buat kado sendiri sama orang-orang yang jago buat kado.

    [read more..]

    Daftar Makanan dan oleh-oleh kas medan

    Selain dari Wisata Danau Toba nya yang terkenal, kota ini juga menyimpan makan khas yang enak untuk dilewatkan ketika anda sedang ingin jalan-jalan dan juga jajan-janjan tentunya. Kota medan yaitu ibu kota provinsi sumatera utara, indonesia. kota ini merupakan kota terbesar di pulau sumatera. kota medan merupakan pintu gerbang lokasi indonesia sisi barat serta juga sebagai pintu gerbang untuk beberapa wisatawan untuk menuju tempat wisata brastagi di tempat dataran tinggi karo, tempat wisata orangutan di bukit lawang, danau toba.

    Berikut ini Daftar Makanan dan oleh-oleh Khas Medan:
    1. Lontong Kak Lin
    Maknan khas medan ini punya nama yang unik. lontong yang disebut lontong khas tempat medan ini amat digemari di medan. lontong ini amat pas bila dimakan dengan pecel. ada area yang amat populer dapat makanan ini area itu yaitu jalur cik ditiro tepatnya ada di depan sman medan.

    2. Durian Ucok
    Makanan yang namnya tidak kalah unik ini. makanan yang nikmat tetapi punya bau yang menyengat. beberapa orang amat senang dengan bau menggoda durian namun beberapa orang tidak demikian senang dengan baunya. bila anda di antara pengagum durian amat dianjurkan coba durian ucok ini. bila anda berminat silakan berkunjung ke jalur iskandar muda no. 75

    3. Bika Ambon Zulaikha
    Makanan khas Medan yang satu ini berasal bukan dari Medan . Tapi makanan ini memiliki tempat tersendiri di hati orang Medan. Bagaimana tidak makanan ini dikembangkan oleh toko zulaikha yang bertempat di Jln.Mojopahit No.62 Medan menjadi makanan yang terkenal dan nikmat rasanya. Sehingga banyak yang membeli makanan ini sebagai oleh oleh dari Medan.

    4. Soto Medan
    Soto merupakan makanan khas Indonesia yang dapat ditemukan di berbagai tempat ya termasuk Medan. Makanan Khas Medan yang satu ini punya rasa yang unik sehingga anda bisa merasakan rasa yang unik dari soto. Soto di Medan dibuat dengan cara yang berbeda yang menjadikannya berbeda dengan soto ditempat lain

    5. Teh Susu Telur (TST)
    Namanya cukup unik. dari namanya saja kita dapat tahu bahan utamanya apa saja. meskipun bukan hanya makanan namun tst ini merupakan di antara type kuliner yang populer dari medan. minuman ini amat bermanfaat untuk menanmbah stamina. disamping itu minuman ini memilki rasa yang khas juga nikmat sekali.

    6. Bolu Meranti 
    Di antara oleh-oleh yang senantiasa dibawa turis saat liburan ke medan yaitu bolu meranti. ini yaitu kue bolu yang digulung, dengan cita rasa manis serta struktur yang lembut. sama layaknya bolu-bolu yang lain, bolu meranti mempunyai banyak rasa yang lezat, serta mentega yang amat merasa. Di kota medan, masih banyak toko yang jual oleh-oleh ini dengan beragam merk. harga nya lalu tidak mahal, lebih kurang rp 35. 000 per buah. yummy !

    7. Sirup Markisa
    Rasanya memang tidak berlebihn jika menobatkan Medan sebagai kota dengan aneka makanan lezat. Medan menyimpan banyak kuliner khas yang lezat untuk dicicipi, bahkan cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh, seperti sirup markisa. Hampir semua orang tahu, kalau sirup markisa adalah salah satu oleh-oleh khas Medan. Ada banyak toko yang menjual sirup markisa botolan. Biasanya harga satu botol sirup markisa dibandrol Rp 25-30 ribu. Tinggal tuang ke gelas, tambah air dan es, Anda pun bisa menyuguhkannya untuk orang rumah.

    Gimana? sudah ada ide pngen beli yang mana? jika anda lagi jalan jalan ke bandung jangan lupa juga baca makanan khas bandung.
    [read more..]

    Manfaat sarang semut bagi kesehatan

    Bagi sebagian orang belum mengetahui apa manfaat dari sarang semut ini dan bagaimana cara mengolahnya, bahkan mungkin sangat asing di telinga bagaimana mungkin sarang semut dapat mengobati beberapa penyakit? sarang semut mempunyai kandungan positif yang bisa dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional. Dari suatu sumber pengetahuan yang diperoleh dari observasi atau percobaan sarang semut sudah dapat dibuktikan bisa meyembuhkan bermacam penyakit mudah serta berat, layaknya Kanker serta Tumor, Asam Urat, Jantung Koroner, Wasir, TBC, Migren, Rematik serta leukemia. Mengenai mekanisme kerja kandungan senyawa aktif sarang semut saat mengobati beragam penyakit tersebut memanglah tetap butuh dikerjakan penelitian selanjutnya.
    Gambar Bentuk Sarang Semut

    Kandungan Yang Ada Pada Sarang Semut
    No
    Parameter
    Satuan
    Nilai
    01 Energi Kkal/100 g 350,52
    02 Kadar air g/100 g 4,54
    03 Kadar abu g/100 g 11,13
    04 Kadar lemak g/100 g 2,64
    05 Kadar protein g/100 g 2,75
    06 Kadar karbohidrat g/100 g 78,94
    07 Tokoferol mg/100 g 31,34
    08 Total fenol g/100 g 0,25
    09 Kalsium (Ca) g/100 g 0.37
    10 Natrium (Na) mg/100 g 68,58
    11 Kalium (K) g/100 g 3,61
    12 Seng (Zn) mg/100 g 1,36
    13 Besi (Fe) mg/100 g 29,24
    14 Fosfor (P) g/100 g 0,99
    15 Magnesium (Mg) g/100 g 1,50

    Beberapa Manfaat Sarang Semut
    1. KANKER DAN TUMOR
    Jenis-jenis kanker dan tumor, baik jinak maupun ganas, yang dapat disembuhkan dengan Sarang Semut adalah kanker otak, kanker hidung, kanker payudara, kanker lever, kanker paru-paru, kanker usus, kanker rahim, kanker kulit, kanker prostat, serta kanker darah (leukemia), kecuali kanker tenggorokan dan rongga mulut.

    Kemampuan Sarang Semut secara empiris untuk pengobatan berbagai jenis kanker/tumor tersebut diduga kuat berkaitan dengan kandungan flavonoidnya. Ada beberapa mekanisme kerja dari flavonoid dalam melawan tumor/kanker, misalnya inaktivasi karsinogen, antiproliferasi, penghambatan siklus sel, induksi apoptosis dan diferensiasi, inhibisi angiogenesis, dan pembalikan resistensi multi-obat atau kombinasi dari mekanisme-mekanisme tersebut.

    2. GANGGUAN JANTUNG, TERUTAMA JANTUNG KORONER
    Hingga kini mekanismenya memang belum jelas, tetapi kemampuan Sarang Semut untuk pengobatan berbagai macam penyakit/gangguan jantung ada kaitannya dengan kandungan multi-mineral Sarang Semut, terutama kalsium dan kalium.

    3. STROKE RINGAN MAUPUN BERAT
    Pengobatan stroke kemungkinan sangat berkaitan dengan kandungan multi-mineral yang terkandung dalam Sarang Semut.

    4. AMBEIEN (WASIR)
    Kemampuan Sarang Semut untuk pengobatan ambeien (wasir) berkaitan dengan kandungan flavonoid dan taninnya yang tinggi. Kedua golongan senyawa ini dalam beberapa penelitian memang sudah terbukti dapat mengobati wasir.

    5. BENJOLAN-BENJOLAN DALAM PAYUDARA
    Yang dimaksud dengan benjolan-benjolan pada payudara adalah pembengkakan bukan tumor (non-neoplasma). Diduga kuat mekanisme penyembuhannya serupa dengan kasus tumor dan kanker, yaitu dengan mengandalkan kemampuan kandungan flavonoid yang terkandung dalam Sarang Semut.

    6. GANGGUAN FUNGSI GINJAL DAN PROSTAT
    Mekanisme pengobatan gangguan fungsi ginjal dan prostat kemungkinan ada kaitannya dengan kandungan antioksidan (flavonoid dan tokoferol) serta multi-mineral yang ada dalam Sarang Semut.

    7. HAID DAN KEPUTIHAN
    Proses pengobatan untuk keputihan dan melancarkan haid ada kaitannya dengan kandungan flavonoid, tanin, dan multi-mineralnya, terutama kalsium dan seng.

    8. MELANCARKAN PEREDARAN DARAH
    Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral yang terkandung dalam sarang memiliki peranan penting dalam melancarkan peredaran darah.

    9. MIGREN (SAKIT KEPALA SEBELAH)
    Untuk pengobatan migren berkaitan dengan fungsi kandungan flavonoid dan multi-mineral dalam Sarang Semut, khususnya kalsium, natrium, dan magnesium.

    10. PENYAKIT PARU-PARU (TBC)
    Pengobatan TBC terkait dengan peranan flavonoid yang terkandung dalam Sarang Semut yang berfungsi sebagai antivirus.

    11. REMATIK (ENCOK)
    Ini terkait dengan kemampuan flavonoid sebagai inhibitor enzim xanthine oxidase dan antioksidan serta tokoferol sebagai antioksidan dan multi-mineral yang terkandung dalam Sarang Semut.

    12. GANGGUAN ALERGI HIDUNG, MIMISAN, BERSIN-BERSIN
    Senyawa-senyawa yang bertanggung jawab terhadap gangguan ini adalah antioksidan (tokoferol dan flavonoid) dan tanin.

    13. SAKIT MAAG
    Seperti halnya TBC, yang berperan dalam pengobatan maag adalah flavonoid yang terkandung dalam Sarang Semut sebagai antibakteri.

    14. MELANCARKAN DAN MENINGKATKAN ASI
    Kandungan multi-mineral dari tumbuhan Sarang Semut diduga memiliki peranan yang penting dalam melancarkan dan meningkatkan produksi ASI, mempercepat proses pemulihan kesehatan ibu setelah melahirkan, dan memulihkan kewanitaan (sari rapet).

    15. MEMULIHKAN GAIRAH SEKSUAL
    Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral dari tumbuhan Sarang Semut diduga memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan gairah seksual ini.

    16. MEMULIHKAN STAMINA TUBUH
    Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral dais tumbuhan Sarang Semut diduga memiliki peranan yang penting dalam memulihkan kesegaran dan stamina tubuh.

    Cara  Mengolah Sarang Semut
    Beberapa Produsen dan penjual Sarang semut, mengolah dan membuat Sarang semut sebagai Teh Sarang Semut, Kapsul Sarang Semut, Teh Celup Sarang Semut. Bahkan saat ini sudah ada Franchise Sarang Semut yang di kemas Teh Sarang Semut siap saji atau tinggal minum. Ada beberapa cara yang bisa dicoba diantaranya sebagai berikut :

     1. MEREBUS BERUPA LEMPENGAN
    Kelebihan merebus sarang semut berupa lempengan irisan kering adalah :
    1. Tidak perlu bersusah payah menghaluskan sarang semut
    2. Air rebusan tidak perlu disaring lagi saat akan menghomsumsi
    Kekurangan merebus sarang semut berupa lempengan irisan kering adalah :
    1. Ekstrak sarang semut yang didapat tidak maksimal karena masih berupa potongan padat.
    2. Pemborosan dalam pemanfaatan obat karena dosis pemakaian tidak jelas
    Ada juga yang yang menjemur ulang sarang semut yang telah direbus kemudian setelah kering direbus kembali, sebaikya hal seperti ini jangan dilakukan karena bila tidak kering baik sarang semut mudah ditumbuhi jamur. Apa lagi seperti di kota Jakarta yang memiliki tingkat polusi tinggi, dikawatirkan sarang semut yang dijemur mudah terkena debu.

    2. SARANG SEMUT BERUPA KANTONG TEH CELUP
    Kelebihan mengunakan obat sarang semut berupa teh celup adalah :
    1. Lebih ekonomis dalam penyajian, apa lagi untuk anda yang super sibuk tidak ada waktu untuk memasak.
    Kekurangan mengunakan sarang semut berupa teh adalah :
    1. Sangat sulit mengetahui jenis dan kualitas sarang semut yang digunakan karena sudah berupa kemasan (perhatikan kantung pembungkus teh sarang semut).
    2. Apa bila air dalam tremos tidak panas secara maksimal maka ekstrak sulit untuk larut, dan bila terdapat bakteri maka bakteri sulit mati hanya dengan mengunakan air tremos.
    Memang dalam mengolah sarang semut seperti di atas ada kekurangan dan kelebihan, setidaknya kita mempunyai tolak ukur cara mana yang akan kita gunakan.
    sumber : giant41, sarangsemutonline, pondokobatpapua
    [read more..]